Monday 2 September 2013

Dasar - Dasar Ekonomi Islam

assalammualaikum warah matullah hiwabarakau, di sini saya ingin memberi sedikit ilmu pengetahuan yg saya dapatkan dari dosen yang mengajar saya di uinversitas islam negri, ada beberapa pelajaran yang saya dapat dari menimba ilmu di universitas tersebut, di karenakan jurusan yang saya ambil adalah priode ekonomi islam.maka saya akan menjelaskan  dasar - dasar ekonomi islam. semoga bermamfaat.Amin

Penegrtian dari ekonomi islam.

  Istilah ekonomi berasal dari bahasa yunani, yaitu "Oikonomia". Kata ini terdiri dari dua kata yaitu Oikos dan Nomos. Oikos berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah tangga, Sedangkan Nomos berarti undang - undang atau peraturan, Kata ini juga memiliki hubungan dengan kata nomein yang berarti mengurus.
Dengan demikian kata Ekonomi dapat berarti segala daya upaya dan tindakan manusia  dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya terhadap barang dan jasa baik dalam sekala keluarga, desa, kota, negara, dan dunia.
 Dalam bahasa arab kata ekonomi sepadan dengan kata al iqtishad yang berarti " al-i'tidal wa al-tawassuth (Lurus, sedang,sederhana, pertengahan) , Secara istilah al iqtishad merupakan " ilmu yang membahas tentang penomena khusus yang berkaitan dengan peroduk dan distributor"atau ilmu yang membahas tentang ekonomi.
Sekarang ada istilah ekonomi atau ilmu ekonomi islam , ternyata paraq ahli berbeda pendapat dalam mendepenisikannya, Muhammad Abdul Manan menyatakan " ilmu ekonomi islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah - masalah ekonomi rakyat yang di ilhami oleh nilai - nilai islam.

 Perbedaan antara ekonomi kapitalisme / leberalisme adalah:
Ekonomi kapitalisme atau Lebaralisme adalah segala benda sesuatu yang kita miliki adalah hak abselut atau mutlak milik kita .
sedangkan di dalam ekonomi islam adalah segala benda sesuatu bukan hak absolut milik kita, disitu terdapat hak milik orang lain, atau hak milik Allah SWT,

Pengertiaan benda di dalam ilmu ekonomi benda itu di bagi dalam dua bagian .yaitu benda ekonomi dan benda non-ekonomi,
benda yang Non-ekonomi adalah:jika jumlah suplainya melebihi kebutuhan ( bernilai tapi tidak berharga)maka benda tersebut  di sebut benda Nonekonomi.
dan di sebut benda itu benda ekonomi adalah jika jumlah suplainya di bawah kebutuhan(bernila dan berharga) yang membuat berharga adalah "permintaan",

Jadi ilmu ekonomi islam menurut Manna merupakan bagian dari ilmu sosial yang mempelajari tentang manusia, tetapi bukan manusia sebagai individu yang terisolasi, tetapi individu sosial yang menyakini nilai - nilai hidup islam dan di kendalikan oleh nilai - nilai dasar agama tersebut,

Menurut Umar Chapra  menyatakan bahwa ilmu ekonomi itu adalah ilmu yang berbicara tentang bagai mana mengalokasikan  dan mendistribusikan sumberdaya yang bersifat langka sesuai dengan tujuan ajaran islam tanpa harus mengekang kebebasan individu dan tanpa merusak keseimbangan ekologi dan makroekonomi serta tidak pula melemahkan soladaritas yang ada baik dalama tingkat keluarga maupun masyarakat.

Jadi dari defenisi di atas dapat di simpulkan bahwa ilmu ekonomi islam adalah ilmu yang tidak saja mempelajari  dan mengurus masalah - masalah yang menyangkut produksi, distribusi dan konsumen tetapi juga mengurus totalitas usaha untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap barang dan jasa yang terkait dengan masalah moral, akhlak dan nilai - nilai ketuhannan yang harus di junjung tinggi dan di perhatikan sesuai dengan ajaran islam.

 Demikianlah pengertian dari dasar - dasar ekonomi silam semoga dapat bermamfat bagi kita semua ......

1 comment:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    ReplyDelete