Friday 20 June 2014

Epek ramadan dan idul fitri terhadap kenaikan harga.



Bab I
Pembahasan
Epek ramadan dan idul fitri terhadap kenaikan harga.

Di Indonesia, setiap menjelang Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Natal, maupun Tahun Baru selalu terjadi kenaikan harga-harga, mulai dari harga tiket pesawat, harga pakaian, sampai dengan harga perhiasan. Namun kenaikan harga yang paling terasa bagi masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah adalah kenaikan harga sembilan kebutuhan pokok (sembako). Gejolak kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut sudah merajalela di sejumlah kota di Indonesia, terutama kota-kota besar, dan juga mulai merambah desa-desa. Kenaikan harga menjelang hari raya seolah-olah telah menjadi tradisi yang sulit sekali dihilangkan.


A. faktor pemicu kenaikan harga sembako pada hari raya, yaitu sebagai berikut:
o   Faktor pemicu kenaikan harga yang pertama adalah bertemunya dorongan permintaan dan ekspektasi positif kenaikan harga karena laju konsumsi yang tinggi. Siapa pun paham bahwa pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli harga pangan mengalami siklus kenaikan rutin, sebagaimana kenaikan rutin pada bulan Desember sampai dengan bulan Januari setiap tahunnya. Pemicu ekspektasi positif contohnya karena adanya  penerimaan gaji ketiga belas pegawai negeri sipil yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Contoh pemicu ekspektasi positif lainnya terjadi pada saat bulan Juli tahun 2010, yaitu pengumuman dari pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik (TDL) sekitar 15 persen sampai 18 persen, walaupun di lapangan kenaikannya dapat mencapai 70 persen.  Meskipun kemudian kenaikan TDL itu direvisi sehingga secara riil kenaikan hanya berkisar 7 persen, namun ekspektasi positif kenaikan harga sudah terlanjur terbentuk dan mempengaruhi psikologis pedagang dan masyarakat umum.
o   Faktor kedua pemicu kenaikan harga sembako adalah kinerja pasokan yang sedikit terganggu. Walaupun pemerintah berkali-kali membantah bahwa pasokan pangan aman dan terkendali, fakta di lapangan menunjukkan bahwa sistem produksi dan sistem distribusi beberapa pangan terganggu karena kualitas sarana dan prasarana transportasi banyak yang rusak. Beberapa media nasional dan daerah melaporkan bahwa jalan di beberapa ruas di pantai utara Pulau Jawa dan jalan lintas tengah serta lintas timur di Sumatera mengalami kerusakan. Padahal kedua jalur tersebut digunakan sebagai dua poros utama jalur distribusi pangan. Sebagaimana diketahui bahwa aktivitas ekonomi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra merupakan 84 persen penyumbang terbesar terhadap kinerja ekonomi nasional atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya masalah yang dihadapi apabila sarana infrastruktur di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra terganggu. Dampak buruk yang ditimbulkan tidak hanya ditanggung konsumen di perkotaan, tetapi juga ditanggung oleh petani di pelosok perdesaan.  Kenaikan harga pangan kali ini sedikit sekali yang dapat dinikmati petani karena persentase kenaikan harga ditingkat konsumen jauh lebih besar dibandingkan dengan persentase kenaikan harga di tingkat produsen.
o   Faktor ketiga yang memicu kenaikan harga pangan adalah perubahan iklim. Meskipun gangguan produksi tidak terlihat pada musim panen raya padi pada bulan April sampai dengan bulan Mei lalu, hal itu juga tidak berarti bahwa kualitas gabah akan lebih baik karena musim panen yang basah. Petani tidak menerima harga jual gabah yang layak, walaupun sebenarnya masih lebih tinggi dibandingkan harga jual gabah tahun-tahun sebelumnya. Dengan harga faktor produksi yang juga ikut meningkat, maka tingkat keuntungan relatif petani padi di Indonesia sebenarnya tidaklah terlalu tinggi. Rendahnya pasokan cabai dan produk hortikultura lainnya juga ikut memicu kenaikan harga komoditas penting bagi konsumsi rumah tangga dan industri kuliner Indonesia. Hal serupa juga terjadi pada beberapa komoditas pangan yang diimpor ke Indonesia, terutama gandum, karena beberapa negara produsen gandum di Eropa Timur mengalami gangguan musim kemarau yang diperkirakan mengurangi produksi dan cadangan gandum dunia secara signifikan.
o   Faktor lain yang mempengaruhi kenaikan harga adalah faktor pedagang. Kenaikan beras misalnya, selain dipicu oleh faktor permintaan dan penawaran, juga dipicu oleh permainan para pedagang atau tengkulak, dimana petani lebih memilih menjual ke pasar bebas daripada menjual kepada Bulog. Hal itu terjadi karena harga GKP (Gabah Kering Panen) dan GKG (Gabah Kering Giling) di pasar bebas lebih tinggi daripada harga GKP dan GKG yang dipatok oleh Bulog.

B. SOLUSI DARI DAMPAK YANG TERJADI PADA HARI RAYA

Solusi dari semua masalah diatas akan dipaparkan dibawah ini :
Ø Kenaikan harga barang pada waktu menjelang lebaran sudahlah menjadi musiman setiap tahunnya, mulai dari harga barang kebutuhan pokok, peralatan rumah tangga hingga barang elektronik. Masyarakat pada umumnya sudah tahu dan bisa menduga hal itu sehingga untuk mengantisipasinya dilakukanlah pembelian barang jauh sebelum lebaran khususnya barang kebutuhan pokok yang tahan lama seperti beras, gula, minyak goreng, tepung dan barang lainnya yang digunakan untuk membuat makanan atau kue untuk dimakan pada saat lebaran.
Ø Kegiatan mudik di Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah tradisi tahunan yang selalu dinanti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada di rantau. Mereka biasa memanfaatkan momen ini sebagai salah satu cara mengobati kerinduan akan sanak keluarga dan juga suasana kampung halaman.tentu hal ini menyebabkan kemacetan yang sangat luar biasa, bahkan karena kemacetan ini sering menyebabkan meningkatnya kecelakaan lalu lintas. Untuk mengurangi kemacetan ini pihak polisi, terutama bagian lalu lintas harus berupaya untuk meminimalisirkannya, baik dengan cara, yaitu :
1.      Mempersipkan jalur alternatif yang bagus dan mendukung, jika terjadi kemacetan yang sangat parah.
2.      Mempersiapkan dan memperbaiki jalan-jalan yang rusak, terutama jalu-jalur yang dilewati pemudik.
3.      Turun langsung ke jalan raya untuk mengatur jalur lalu lintas, agar para pemudik bersikap taat pada peraturan lalu lintas. Hal ini juga bisa berfungsi mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, yang sering terjadi akibat pemudik yang mengendarai kendaraannya tidak taat lalu lintas.
4.      ”Pemerintah sebagai penyelenggara negara, diharap menciptakan kebijakan yang mampu berpihak kepada kenyamanan dan pengurangan kendaraan yang ada. Bila berani, kurangi produksi kendaraan, baik roda dua, empat maupun lebih dari sektor produksi. Atau, pemerintah diharapkan berani mengambil langkah untuk mengurangi volume kendaraan yang berlalu lalang pada hari raya”

C. Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah ini adalah Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari besar yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di dunia, karena dihari itu adalah hari kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan. Liburan lebaran juga sering dijadikan moment untuk berkumpul dengan keluarga, saudara-saudara, bahkan kerabat jauh. Di hari-hari biasa, biasanya setiap orang sibuk dengan aktvitasnya masing-masing, sehingga jarang berkumpul dengan keluarga atau kerabat, jadi lebaran merupakan hari yang spesial sekali. Di hari lebaran biasanya bahan-bahan makanan dan sembako harganya melonjak naik, tetapi karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat tak menghiraukannya lagi, bahkan membelinya lebih banyak dari biasanya.

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete