Wednesday 22 April 2015

Desain Produk Dalam Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran
manajemen pemasaran

DesainProduk, Pengertian dan Ruang Lingkupnya[1]
A.    Terimonologi Desain
Desain merupakan suatu proses yang dapat dikatakan telah seumur dengan keberadaan manusia di bumi. Hal ini sering tidak kita sadari. Akhirnya, sebagian dari kita berpendapat seolah-olah desain baru dikenal sejak zaman modern dan merupakan bagian dari kehidupan modern.

Dalam bahasa sehari-hari desain sering di artikan sebagai sebuah perencanaan, rencana atau gagasan. Pengertian seperti ini tidak sepenuhnya salah tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dikatakan baha desain sepadan dengan kata perencanaan. Namun demikian, kita merancang/rancang atau rancang bangun yang sering disepadankan dengan kata desain ini nampaknya belum dapat mengartikan desain secara lebih luas. Kata “Desain” yang sebenarnya merupakan kata baru yang merupakan peng-Indonesia-an dari kata design tetap dipertahankan. Kata desain ini menggeser kata rancang bangun karena  kata tersebut tidak dapat mewadahi kegiatan, keilmuan, keluasan dan pamor profesi atau kompetensi.
Pengertian desain dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan konteksnya. Desain dapat juga diartikan sebagai suatu kreasi seniman untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan cara tertentu pula. Desain juga dapat merupakan pemecahan masalah dengan suatu target yang jelas. Sedangkan menurut Alexander (1963) desain merupakan temuan unsur fisik yang paling objektif. Atau desain merupakan tindakan dan inisiatif untuk merubah karya manusia (Jones, 19730).
Perkembangan selanjutnya pengertian desain amat bervariatif karena tumbuhnya profesi ini diberbagai Negara. Salah satu tokoh yang mengevaluasi pengertian desain adalah Bruce Archer, menurutnya desain adalah salah satu bentuk kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui berbagai bidang pengalaman, keahlian dan pengetahuan yang mencerminkan perhatia pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya, terutama yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, niai dan berbagai tujuan benda buatan manusia.
Jika istilah “desain” maknanya adalah “rencana”, maka “rencana” adalah bendanya (benda yang dihasilkan dalam proses perencanaan). Kegiatannya disebut “merencana” atau “merencanakan”. Pelaksananya disebut “perencana”, sedangkan segala sesuatu yang berkaitan erat dengan proses pelaksanaan pembuatan suatu rencana, disebut “perencanaan”. Jadi kata “mendesain” mempunyai pengertian yang secara umum setara dengan “merencana”, merancang, rancang bangun, atau merekayasa, yang artinya setara dengan “designing”. Istilah mendesain mempunyai makna : melakukan kegiatan/aktivitas/proses untuk menghasilkan suatu desain (palgunadi, 2007).
Dengan demikian, pengertian desain selalu mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Hal ini membuktikan bahwa desain sebenarnya mempunyai arti yang penting dalam kebudayaan manusia secara keseluruhan baik ditinjau dari usaha memecahkan masalah fisik dan rohani manusia, maupun sebagai bagian kebudayaan yang memberi nilai-nilai tertentu sepanjang perjalanan sejarah umat mansia.
Berdasarkan definisi tersebut diatas, bahwa desain tidak semata-mata racangan diatas kertas, tetapi juga proses secara keseluruhan sampai karya tersebut terwujud dan memiliki nilai. Desain merupakan aktivitas praktis yang meliputi juga unsur-unsur ekonomi, global, sosial, teknologi dan budaya dalam berbagai dinamikanya.
B.     Ruang Lingkup Desain Produk
Desain produk merupakan salah satu bidang ke ilmuan yang terintegrasi dengan segala bentuk aspek kehidupan manusia dari masa kemasa. Memadukan unsur khayal/imajinasi dan orientasi penemuan solusi untuk berbagai masalah yang dihadapi manusia dengan menjembatani estetika serta teknologi yang masing-masingnya dinamis dan memiliki pola tertentu dalam perkembangannya.
Lingkup desain produk dapat dikatakan hampir tidak terbatas, melingkupi semua aspek yang memungkinkan untuk dipecahkan oleh profesi/kompetensi ini. Namun demikian jika mengacu pada perkembangan internasional, terdapat wilayah profesi yang tegas terdiri atas desain produk, desain grafis dan desain interior.  Wilayah desain yang disebutkan ini wilayah desain yang diletakkan pada bidang seni rupa. Berdasarkan pembagian wilayah desain tersebut, desain produk merupakan salah satu dari wilayah desain yang ada.
Desain produk merupakan terjemahan dari Industrial Design. Sebagian parah ahli menerjemahkan Industrial Design dengan desain produk. Sebagian yang lain menerjemahkan dengan desan industri. Penerjemahan yang terakhir dirasa kurang tepat, karena yang didesain bukanlah industrinya melainkan produknya (Adhi Nugroho, 1989).
Dalam perkembangan selanjutnya profesi ini terbagi atas beberapa kelompok kompetensi (mungkin juga dapat berubah sesuai perkembangan zaman), yaitu :
a.       Desain produk peralatan
b.      Desain perkasas lingkungan
c.       Desain alat transportasi
d.      Desain produk kerajinan
Meski dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, namun secara umum mendesain produk mempunyai mekanisme yang sama dalam berpikir kreatif dalam perancangan sebuah produk, sehingga produk tersebut memenuhi nilai-nilai fungsional yang tepat dan menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi manusia dengan tidak meninggalkan aspek kenyamanan user/pengguna melalui teknik-teknik dan ketentuan-ketentuan tertentu dan pada akhirnya diteruskan menjadi siklus hidup produk yang ditentukan oleh pola perancangan awal baik itu inovasi, modifikasi maupun duplikasi.
 Desain produk adalah pioner dan kuci kesuksesan sebuah produk menembus pasar sebagai basic bargain marketing, mendesain produk berarti membaca sebuah pasar, kemauan mereka, kemampuan mereka, pola pikir mereka serta banyak aspek lain yang akhirnya mesti diterjemahkan dan di aplikasikan dalam perancangan sebuah produk.
Kemampuan sebuah produk bertahan dalam siklus sebuah pasar dientukan oleh bagaimana sebuah desain mampu beradaptasi akan perubahan-perubahan dalam bentuk apapun yang terjadi dalam pasar yang dimasuki produk tersebut, sehingga kemampuan tersebut menjadi nilai keberhasilan bagi produk itu sendiri dikemudian hari. Dengan krusialnya bentuk tanggung jawab seorang desainer produk industri dalam perancangan sebuah produk, desainer produk harus memiliki pengetahuan dan riset yang baik sebelum merancang sebuah produk, proses tersebut tidak ayal lagi membutuhkan waktu yang kadang-kadang tidak singkat dalam perancangannya. Ketajaman berpikir dan membaca peluang sangatlah dominan dalam menentukan rating desainer tersebut.
Ketika seseorang membuat desain harus merumuskan sasaran setepat-tepatnya: apa, mengapa, siapa, bagaimana, dimana dan kapan. Hal ini dalam ilmu desain dikenal dengan tahapan identifikasi permasalahan merupakan kuci menentukan. Selain menentukan sasaran, selanjutnya dalam proses desain harus menentukan pengembangan produk. Dalam pengembagan produk ini, bergantung pada masalah yang telah dirumuskan diatas itu. Selain itu ditentukan pula faktor-faktor yang perlu dikaji. Secara keseluruhan faktor-faktor tersebut meliputi:
1.      Faktor Performansi
Suatu desain itu harus praktis, ekonomis, aman sesuai dengan kondisi psikologis dan fisiologis manusia (ergonomic) maka perlu mempertimbangkan:
a.       Kenyamanan
b.      Kepraktisan
c.       Keselamatan/keamanan
d.      Kemudahan dalam penggunaan
e.       Kemudahan dalam pemeliharaan
f.       Kemudahan dalam perbaikan

2.      Faktor Fungsi
Suatu desain secara fisik dan teknis harus bekerja sesuai dengan fungsi yang dituntut. Oleh karena itu pula mempertimbangkan:
a.       Kelayakan
b.      Kehandalan
c.       Spesifikasi dari material
d.      Struktur penggunaan atau sistem tenaga

3.      Faktor Produksi
Desain harus memungkinkan untuk diproduksi sesuai dengan metode dan proses yang tela ditentukan. Untuk itu perlu mempertimbangkan:
a.       Permesinan
b.      Bahan baku
c.       Sistem proses produksi
d.      Tigkat ketrampilan tenaga kerja
e.       Biaya produksi
f.       Standarisasi


4.      Faktor Pemasaran
desain dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa hidup design lifa dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu dipertimbangkan, meliputi:
a.       Selera konsumen
b.      Citra produk
c.       Sasaran pasar
d.      Penentuan harga
e.       Saluran distribusi


5.      Faktor Kepentingan Produsen
Desain produk yang dihasilkan harus bertujuan menghasilkan keuntungan atau laba, sehingga akan menjamin kelangsungan hidup produsen. Dengan demikian perlu mempertimbangkan:
a.       Identitas Perusahaan
b.      Status (swasta, pemerintah, yayasan, dan lain-lain)

6.      Faktor Kualitas Bentuk
Suatu desain harus dibuat sedemikian rupa agar menarik sehingga menimbulkan kenikmatan estetis. Hal ini penting dalam meningkatkan cita rasa seseorang/ masyarakat/ konsumen. Untuk itu perlu diperhatikan
a.       Spirit dan gaya jaman
Spirit dan gaya jaman senantiasa manandai style suatu desain produk. Sebagai contoh pada jaman terjadi gerakan seni dan kriya atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai art and craft movement (suatu gerakan pada akhir masa revolusi industry yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan), yang menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara missal, karena dianggap sebagai penyebab utama hilangnya keindahan individual. Pada gerakan ini, mesin dianggap menghantui seni dari pertukangan (industry) karena barang yang dikerjakan mesin sudah menjadi standarisasi sendiri. Gerakan ini ingin menjadikan seni sebagai bagian dari komunitas dan seniman seharusnya juga seorang perajin kriya. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.

b.      Estetika dan Daya tarik
Desain tidak sekedar membuat struktur, konstruksi dan bentuk saja, sebagaimana pendapat plato dalam Bertram (1938) bahwa prinsip pembuatan benda dihubungkan dengan segi keindahan dan keserasian, yang merupakan factor penting dalam desain, karena sekuat apapun kontruksinya, sebagus apapun bahannya, jika tidak memiliki sentuhan keindahan maka tidak akan diminati oleh konsumen.

c.       Penyelesaian detail dan finishing
Sebuah desain merupakan rencana yang akan diimplitasikan dalam karya jadi. Jika sebuah prodk dikerjakan secara serampangan akan terlihat tidak propesional.


7.      Karakteristik Produk
Karakteristik produk merupakan hal yang penting untuk diketahui dalam menganalisis hubungan antara konsumen dengan produk yang digunakan. Sebagian dari karakteristik tersebut terbukti dapat mempengaruhi keberhasilan suatu produk atau merek. Menurut Peter Paul & Jerry C Olson (2008:170)

mengenai karakteristik produk yaitu :
1. Kompabilitas Adalah sejauh mana suatu produk konsisten dengan afeksi, kognisi, dan
perilaku konsumen saat ini.

2. Kemampuan untuk di uji coba Kemampuan untuk di uji coba menjelaskan sejauh mana suatu produk dapat dicoba dalam jumlah yang terbatas atau dipilah-pilah ke dalam jumlah-jumlah yang lebih kecil jika untuk melakukan uji coba ternyata membutuhkan biaya yang tinggi.

3. Kemampuan untuk ditelitiMengacu pada sejauh mana produk atau dampak yang dihasilkan produk tersebut dapat dirasakan oleh konsumen lain. Produk baru yang dikenal
masyarakat dan sering didiskusikan cenderung diadopsi lebih cepat.

4. Kecepatan Adalah seberapa cepat manfaat suatu produk dipahami oleh konsumen,
Karena sebagian konsumen masih berorientasi pada kepuasan yang dengan cepat dirasakan ketimbang yang ditunda, produk yang dapat memberikan manfaat lebih cenderung berkemungkinan lebih tinggi untuk paling tidak dicoba oleh konsumen.

5. Kesederhanaan Adalah sejauh mana suatu produk dengan mudah dimengerti dan
digunakan konsumen.

6.Manfaat relative Adalah sejauh mana produk memiliki keunggulan bersaing yang bertahan atas kelas produk, bentuk produk, dan merek lainnya.

7. Simbolisme produk Apakah makna suatu produk atau merek bagi konsumen dan
bagaimanakah pengalaman konsumen ketika membeli dan menggunakannya.

8.      Klasifikasi Produk

Menurut Tjiptono (2008) klasifikasi produk bisa dilakukan atas berbagai macam sudut pandang. Berdasarkan berwujud tidaknya, produk dapat diklasifikasikan kedalam dua kelompok utama yaitu barang dan jasa. Ditinjau dari aspek daya tahannya, terdapat dua macam barang, yaitu:

1. Barang Tidak Tahan Lama (Nondurable Goods) :Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Contohnya adalah sabun, minuman dan makanan ringan, kapur tulis, gula dan garam.

2. Barang Tahan Lama (Durable Goods)
Barang tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun atau lebih). Contohnya antara lain TV, lemari es, mobil, dan komputer. Selain berdasarkan daya tahannya, produk pada umumnya juga diklasifikasikan berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut dikonsumsi. Berdasarkan kriteria ini, produk dapat dibedakan menjadi barang konsumen (costumer's goods) dan barang industri (industrial's goods). Barang konsumen adalah barang yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen akhir sendiri (individu dan rumah tangga), bukan untuk tujuan bisnis. Umumnya barang konsumen dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis yaitu:
a. Convinience Goods
Convinience goods merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering beli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya sabun, pasta gigi, baterai, makanan, minuman, majalah, surat kabar, payung dan jas hujan.
b. Shopping Goods
Shopping goods adalah barang-barang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Kriteria perbandingan tersebut meliputi harga, kualitas dan 16 model masing-masing barang. Contohnya alat-alat rumah tangga (TV, mesin cuci, tape recorder), furniture (mebel), dan pakaian.
c. Specially Goods
Specially goods adalah barang-barang yang memiliki karakteristik dan identifikasi merek yang unik di mana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. Contohnya adalah barangbarang mewah dengan merek dan model spesifik.
d. Unsought Goods
Unsought goods merupakan barang-barang yang diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. Contohnya asuransi jiwa, batu nisan, tanah kuburan (Tjiptono, 2008).

9.      Permasalahan Desain Produk

Untuk mengembangkan sebuah sistem dan struktur organisasi yang efektif, telah ditambahkan beberapa teknik penting untuk merancang suatu produk yaitu:
1. Desain yang Tangguh
2. Desain Modular
3. Computer-Aided Design (CAD)
4. Computer-Aided Manufacturing (CAM)
5. Teknologi Virtual Reality
6. Analisis Nilai
7. Desain yang Ramah Lingkungan

10.  Strategi Produk Dengan Keunggulan Bersaing

Strategi produk disusun dengan melakukan seleksi atas keinginan pelanggan, baik pelanggan tingkat lokal, regional maupun tingkat dunia yang sesuai dengan acuan patokan (benchmarking) yang ditetapkan perusahaan. Selanjutnya mendefinisikan produk yang akan dihasilkan ke dalam sistem manajemen operasional dan implikasinya, dilanjutkan dengan membuat desain produk yang akan diproduksi melalui manajemen operasional.

Sebagai contoh; strategi Toyota yaitu merespons secara cepat perubahan pelanggan. Desain produk mobil A di dalam industrinya dilakukan secara cepat, di mana desain produk mobil A sudah harus mulai dikembangkan sebelum umur desain A mencapai dua tahun, kemudian ditindaklanjuti dengan penghentian produksi desain A pada tahun ketiga. Maksudnya bahwa produk berdasarkan satu desain produksinya paling lama hanya tiga tahun, sesudah itu sudah harus ada perubahan dengan menciptakan desain produk baru.
Produk jam tangan Seiko di desain dengan strategi multi desain, dan setiap desain dikembangkan dengan tipe generasi seperti; untuk orang tua (lelaki dan wanita), orang muda (teeneger’s), sampai untuk anak-anak sekolah dasar (SD).

McDonalds mendesain produk siap saji (fast food) dengan bahan dagung ayam yang berdasarkan budaya tiap-tiap Negara adalah daging yang tidak haram, seperti India, Indonesia, dan Malaysia, serta Timur Tengah. Selanjutnya produk dikembangkan dengan pelengkap minuman ringan yang bervariasi.

11.   Strategi Diferensiasi
Untuk menghindari jebakan komoditas, pemasar harus mulai dengan keyakinan bahwa anda dapat mendiferensiasikan segala sesuatu. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk bekerja dalam satu atau lebih cara yang tidak dapat atau tidak akan disamai oleh pesaing. Michael Porter mendorong perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif yang tahan lama. Tetapi hanya sedikit keunggulan kompetitif yang bertahan lama. Paling baik, kelebihan itu dapat meningkatkan. Kelebihan yang dapat meningkatkan adalah kelebihan yang dapat digunakan untuk perusahaan sebagai ppan lontar untuk keunggulan baru, seperti Microsoft yang mengkat sistem operasinya ke Microsoft Office dan kemudian ke aplikasi jaringan. Secara umum, perusahaan yang berharap untuk bertahan harus terus menciptakan keunggulan baru.
Pelanggan harus melihat semua keunggulan kompetitif sebagai keunggulan pelanggan. Misalnya, jika perusahaan mengirimkan lebih cepat dibandingkan pesaingnya, kecepatan itu tidak akan menjadi keunggulan pelanggan jika pelanggan tidak menghargai kecepatan itu. Select Comfort berhasil mengguncang industri matras dengan tempat tidur Sleep Number-nya, yang memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan penunjang dan menyesuaikan matras guna mendapatkan tingkat kenyamanan optimal yang dilengkapi indeks penomoran sederhana. Perusahaan juga harus fokus pada pembangunan keunggulan pelanggan. Lalu mereka akan menghantarkan nilai dan kepuasan yang tinggi, yang menghasilkan pembelian berulang yang tinggi dan pada akhirnya profitabilitas perusahaan yang tinggi.[2]






BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Dalam desain produk, dipentingkan kemampuan bersaing di pasar, sehingga produsen dapat  menentukan harga produk, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi. Sebuah strategi produk yang efektif adalah menghubungkan keputusan produk dengan investasi, pangsa pasar, dan siklus hidup produk, dan menggambarkan luasnya suatu lini produk.
Tujuan dari suatu keputusan produk (product decision) adalah untuk mengembangkan sebuah strategi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing. Strategi produk dapat memfokuskan diri pada pengembangan keunggulan bersaing melalui pembedaan, biaya rendah, respons cepat, atau perpaduan dari ketiganya.




http://eprints.uny.ac.id/41312/Handout_Desain_Produk_Kerajinan.pdf  diakses pada hari Jum’at Tanggal 13 Maret 2015 Jam 17:45 WIB.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pem



[1]  http://eprints.uny.ac.id/41312/Handout_Desain_Produk_Kerajinan.pdf  diakses pada hari Jum’at Tanggal 13 Maret 2015 Jam 17:45 WIB.
[2] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. h. 300-301.

1 comment:

  1. Mohon untuk d ringkas sehingga pembaca lebih mudah memahami materi yg anda sampaikan. Terima kasih

    ReplyDelete