Friday 7 March 2014

Istilah - istilah dalam Ilmu Ekonomi

Di bawah ini ada beberapa istilah - istilah dalam ilmu ekonomi yang mana saya dapatkan dari Dosen- dosen saya di Universitas Negri dan beberapa buku - buku yang saya baca .semoga ini bisa bermamfaat dan menjadi pengetahuan bagi kalian semua yang membacanya:
Istilah - istilah dalam ilmu ekonomi:

-Likuiditas adalah Tingkat kemudahan dan kepastian suatu harta dapat dicairkan. Harta yang paling likuid yaitu kas.
-Konsumsi adalah tindakan menggunakan komoditas baik barang maupun jasa.
-Komoditas adalah Sesuatu yang dapat diproduksi atau dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan.
-Petrodolar adalah Uang yang dihasilkan oleh negara pengekspor minyak.
 -Laju inflasi adalah Tingkat persentase kenaikan dalam beberapa indeks harga, dari satu periode ke periode lainnya.
-Monopoli adalah Situasi pasar yang mana output industinya dikontrol oleh penjual tunggal.
  -Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidak lancaran distribusi barang.
 -Deflasi adalah suatu periode dimana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah.
 -Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
-Kapitalis : seseorang yang memiliki barang-barang modal.
-Kartel : organisasi para produsen yang sepakat untuk menjadi satu penjual tunggal.
-Kebijakan fiscal : penggunaan kegiatan menaikan pendapatan dan kegiatan pengeluaran yang dilakukan -pemerintah dalam usahanya mempengaruhi variable makro seperti GNP dan lapangan kerja
-Kuota impor : batas yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai kuantitas komoditi asing yang masuk ke negeri itu selama periode tertentu
-Kurva indeferen : kurva yang menggambarkan semua kombinasi dari 2 komoditi yang memberikan sejumlah keputusan yang sama
-Liquidity (likuiditas) : tingkat kemudahan dan kepastian sutu harta untuk dicairkan menjadi alat tukar dalam sistem ekonomi.
-Marginal Product (MP, produk marjinal) : perubahan kuantitas total output yang diakibatkan oleh penggunaan tambahan 1unit faktor produksi. Secara sistematis; tingkat perubahan output yang berhungan dengan kuantitas faktor produksi, isebut juga produk inkremental atau produk fisik marjinal.
-Marginal Propensity to Consume (MPC, kecenderungan marjinal dalam mengkonsumsi) : perubahan konsumsi dibagi dengan perubahan pendapatan disposible; secara matematis, tingkat perubahan konsumsi yang berhubungan dengan pendapatan disposibel.
-Marginal Prospensity to Save (MPS, kecenderungan marjinal untuk menabung) : perubahan tabungan yang diakibatkan oleh perubahan dalam pendapatan disposibel; tingkat perubahan tabungan dibagi dengan pendapatan disposibel.
-Marginal Revenue (MR, penerimaan marjinal) : perubahan total penghasilan perusahaan yang diakibatkan oleh penambahan 1unit penjualan. Secara sistematis; tingkat perubahan penerimaan yang berhubungan dengan output, disebut juga penerimaan inkremental.
-Market (pasar) : tempat berlangsungnya negosiasi pertukaran komoditi, antara penjual dan pembeli.
-Market Failure (kegagalan pasar) : kegagalan sistem pasar bebas untuk mencapai efisiensi alokatif yang optimal atau untuk mencapai tujuan sosial, karena timbulnya eksternalitas, gangguan pasar atau ketidaksempurnaan pasar.
-Markup : jumlah yang ditambahkan pada biaya untuk menentukan harga.
-Microeconomic (mikroekonomi) : studi tentang alokasi sumber-sumber dan distribusi pendapatan yang keduanya dipengaruhi oleh bekerjanya sistem hanya serta kebijakn pemerintah.
-Money Supply (jumlah uang beredar) : total kuantitas uang dalam perekonomian pada satu waktu tertentu.
-Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.(Pasal (1) UU. KUP)
-MPC adalah rasio di antara pertambahan konsumsi dengan pertambahan pendapatan disposibel.-
MPCy adalah rasio di antara pertambahan konsumsi dengan pertambahan pendapatan nasional. 

 Demikianlah di atas ada beberapa istilah - istilah dalam ilmu ekoomi islam, semoga ini bisa bermamfaat bagi kita semua

No comments:

Post a Comment